Daya Tarik Wisata di Gunung Bromo

Daya Tarik Wisata di Gunung Bromo

Anda tidak lengkap liburan anda di Jawa Timur tanpa mengunjungi salah satu Daya Tarik Wisata di Gunung Bromo di Probolinggo atau dapat melalui jalur di Pasuruan. Gunung Bromo mempunyai kelebihan panorama wisata alamnya yang sangat mempesona. Waktu yang paling bagus di waktu sunrise / matahari terbit untuk melihat keindahan Sunrise Gunung Bromo di Penanjakan ( ketinggian 2775 ft ) dengan hamparan laut pasir dengan kabut dan udara dingin. Pemandangan yang fantastik dengan background Gunung Semeru, gunung terbesar di Jawa. Untuk menuju ke poin view di Penajakan anda dapat menyewa jeep dari hotel dan sangat berbahaya apabila anda mengendari mobil sendiri karena jalan sangat extrem dan perlu dibutuhkan mobil 4×4.

Di Gunung Bromo terdapat suku asli penduduk Bromo yang bernama “Suku Tengger”. Suku tengger berasal dari Nama “Tengger” diyakini berasal dari Legenda Roro Anteng dan Joko Seger. “Teng” merupakan akhiran nama Roro An-“teng” dan “ger” merupakan akhiran nama dari Joko Se-“ger” dan Gunung Bromo juga dipercaya sebagai gunung suci. Suku tenggr adalah pemeluk Agama Hindu dan asal -usul suku ini adalah dari Kerajaan Majapahit.

Titik tempat wisata yang paling menarik untuk dikunjungi di Gunung Bromo diantaranya :

  1. Penanjakan di Gunung Bromo, tempat ini adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan matahari terbit di Gunung Bromo. Banyak wisatawan domestik dan wisatawan asing menjadikan pilihan Penanjakan untuk menonton Sunrise di sini. Untuk mencapai tempat ini memang terasa berat apabila dengan mobil biasa karena kondisi jalan yang menanjak dan terjal, maka diwajibkan anda menyewa mobil jeep terlebih dahulu. Hanya membayar Rp.400.000 anda dapat menyewa jeep dan berangkat dari hotel pukul 03:00 menuju Penanjakan untuk melihat Sunsrise.
  2. Lautan Pasir di Gunung Bromo, setelah melihat matahari terbit dari Penanjakan anda langsung menuju kawah bromo dengan melewati lautan pasir yang sangat luas. Lautan pasir ini adalah hasi erupsi kawah gunung bromo yang meletus beberapa kali peristiwa letusan yang membentuk lautan pasir. Hanya mobil Jeep yang mampu meliwati lautan pasir dan apabila tidak mengenal medan disini anda bisa terjebak di dalam lautan pasir.
  3. Kawah Gunung Bromo,  untuk mencapai ke kawah Gunung Bromo setelah dari Lautan pasir anda dapat sewa Kuda atau berjalan kaki sejauh 2 KM dari tempat parkir Jeep anda. Kemudian anda melewati sebayak 250 anak tangga menuju puncak Kawah Bromo. Di puncak Bromo ini setiap tahun diadakan acara Kasodo.

Tempat yang paling direkomondsi, apabila anda berwisata di Jawa Timur dan anda tidak akan lengkap ke Jawa timur tanpa mengunjungi Gunung Bromo. Perjalanan dari kota Surabaya sekitar 3 Jam perjalanan dengan menggunakan rental mobil anda bisa melewati jalur Tosari, Pasuruan atau Ngadisari, Probolinggo.

 

 

 

Posted In:    

Other Details

  • Submitted On : 20 Apr 2015

No Comments

Leave a Reply