Pagi Hari di Candi Plaosan

Pagi Hari di Candi Plaosan

Pagi Hari di Candi Plaosan adalah waktu yang tebaik untuk melihat keindahan objek foto khususnya pecinta fotografi. Dengan latar belakang matahari terbit dan sekitar Candi yang berupa persawahaan padi yang begitu asri. Dan merupakan spot view yang bagus dipotret. Candi Plaosan merupakan candi agama Budha yang terletak berdekatan dekat komplek candi sewu / candi prambanan. Hanya berjarak 5 menit dari candi prambanan atau 45 menit dari kota Yogyakarta menuju arah timur. Candi ini mempunyai bentuk yang unik, dari bentuknya dulunya candi ini sebagai vihara umat agama Budha disekitar Candi Prambanan. Ini suatu bentuk toleransi sudah ada semenjak dulu antara agama Budha dan Hindu di wilayah Yogyakarta yang sudah terpelihara turun menurun dengan baik dan rukun antar pemeluk agama.

Candi Plaosan memiliki relief candi yang masih lengkap dan masih ada beberapa patung Budha yang sebagian sudah tidak utuh lagi. Tidak akses transportasi umum di Candi Plaosan. Kami sarankan anda menggunakan sewa mobil di Yogyakarta atau rental mobil Jogja untuk mengunjungi candi Plaosan ini. Dan perjalanan sekitar 45 menit dari kota Jogja. Kondisi saat ini Candi Plaosan agak sedikit rusak dikarenakan letusan Gunung Merapi dan akibat Gempa bumi beberapa tahun silam yang telah merusak sebagian Candi Plaosan dan halaman candi yang rusak.Candi ini masih dalam pengawasan Balai Purbakala Yogyakarta untuk tetap di pelihara dengan baik.

Candi Plaosan terdiri dari 2 bagian candi utama, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor adalah candi yang terletak sebelah kiri terdapat relief candi yang menggambarkan mengenai wanita, sementara di Candi Plaosan kidul terdapat relief yang menggambarkan Laki-laki. Candi ini juga terdapat parit yang sudah maju sejak dulu dan terdapat 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara. Juga terdapat 6 arca Dhyani Boddhisatwa. Candi ini adalah candi agama Budha namun bentuk dan arsitek bangunan candi ini memadukan gaya candi agama budha dan Hindu. Untuk menuju Candi ini, hanya membayar donasi suka rela saja

 

 

 

Posted In:    

Other Details

  • Submitted On : 23 Apr 2015

No Comments

Leave a Reply