Sunset di Candi Ratu Boko

Sunset di Candi Ratu Boko

Rental Mobil melihat sunset di Candi Ratu Boko adalah bekas sebuah Istana Kerajaan di pemerintahan Dinasti rakai Penangkaran. Candi Ratu Boko berada di atas bukit dengan ketinggian kurang lebih 195 m diatas permukaan laut dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Kita bisa memandang dengan jelas Gunung Merapi dan kota Jogja. Waktu yang terbaik dan tepat berkunjung di Candi Ratu Boko di waktu sunset. Di sini mempunyai Sunset yang spectakuler dan menakjubkan pada posisi di atas bukit dangan hamparan persawahan yang luas dengan latar belakang pegunungan seribu, menoreh dan Gunung Merapi yang berada disisi Barat Candi Ratu Boko dengan sinar matahari yang mulai tenggelam.

Candi Ratu Boko secara harifiah mempunyai makna “Raja Bangau ” salah satu candi yang eksotik terdapat bekas kolam pemandian dan gapura pintu masuk yang dibangun megah dan salah satu candi tertua agama Hindu. Perjalanan menuju tempat ini sekitar 45 Menit dari Yogyakarta dengan menggunakan rental mobil Jogja atau sewa mobil di yogyakarta. Dan salah satu tempat tujuan wisata atau tour destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan asing dan domestik karena keindahan legenda Loro Jonggrang , candi Ratu boko yang mempunyai keterkaitan dengan Candi Prambanan yang berada di posisi utara candi ini. Dan dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari Candi Prambanan yang telah disediakan transportasi shutle dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko pulang pergi yang hanya membayar Rp.20.000/orang.

Diketemukan kerangka tahun 792 M merupakan bukti tertulis yang ditemukan di situs di Candi Ratu Baka. Dalam prasasti ini menyebut seorang tokoh bernama Tejahpurnapane Panamkarana atau Rakai Panangkaran  serta menyebut suatu kawasan wihara di atas bukit yang dinamakan Abhyagiri Wihara (“wihara di bukit yang bebas dari bahaya”). Rakai Panangkaran mengundurkan diri sebagai Raja karena menginginkan ketenangan rohani dan memusatkan pikiran pada masalah keagamaan, salah satunya dengan mendirikan wihara yang bernama Abhayagiri Wihara pada tahun 792 M. Rakai Panangkaran menganut agama Buddha demikian juga bangunan tersebut disebut Abhayagiri Wihara adalah berlatar belakang agama Buddha, sebagai buktinya adalah adanya Arca Dyani Buddha. Namun ditemukan pula unsur–unsur agama Hindu di situs Ratu Boko Seperti adanya Arca Durga, Ganesha dan Yoni.

Posted In:    

Other Details

  • Submitted On : 23 Apr 2015

No Comments

Leave a Reply